“ MAKALAH SURAT AL IKHLAS ”
Disusun Oleh:
Nama : Susi Lestari
NIM : 2115r1091
Jurusan : Teknik Informatika
Prodi : Agama
Dosen Pengampu:
Septia Lutfi
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN
DAN ILMU KOMPUTER
HIMSYA
بسم الله الرحمن الرحيم
قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ،
“Dialah
Allah, Yang Maha Esa”
اللَّهُ الصَّمَدُ،
“Allah
adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu”.
لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ،
“Dia tidak
melahirkan dan tidak pula dilahirkan”
وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ
“tidak pula
ada seorang pun yang setara dengan-Nya.”
(QS al-Ikhlas [112]: 1-4).
Sabab
Turunnya surat Al Iklas
Sebab diturunkannya surat Al Ikhlas dikarenakan kaum musyrikin
menanyakan kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam tentang Nasab
Allah,Maka turunlah surat ini
عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ: أَنَّ الْمُشْرِكِينَ قَالُوا لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” يَا مُحَمَّدُ [ص:144] ، انْسُبْ لَنَا رَبَّكَ، فَأَنْزَلَ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى: {قُلْ هُوَ اللَّهُأَحَدٌ، اللَّهُ الصَّمَدُ} [الإخلاص: 2] لَمْ يَلِدْ، وَلَمْ يُولَدْ، وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ “
“Diriwayatkan dari Ubay bin Ka’ab berkata bahwasanya orang-orang musyrikin berkata kepada nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam, “Wahai Muhammad sebutkan kepada kami tentang nasab Robbmu.” Maka Allah Subhanahu wata’ala menurunkan surat ini yang artinya : “Katakanlah (wahai Muhammad) Dia lah Allah Yang Maha Esa, Allah tempat meminta segala sesuatu, tidak beranak dan tidak diperanakkan, dan tidak ada sesuatu yang setara denganNya.” (Hadits riwayat Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Khuzaimah, Al Hakim, ini lafadz yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad. Pada lafadz Imam Tirmidzi yang serupa dengan lafadz diatas dihasankan oleh Syaikh Albani di dalam shohih wa dhoif Sunan Tirmidzi).
Para pembaca yang semoga Allah berkahi, dinamakan surat Al Ikhlas dikarenakan pada surat ini terdapat penjelasan tentang pensucian yang sempurna untuk Allah ( tafsir Juz Amm karya Syaikh Utsaimin Hal.351 Maktabah Syamilah).
عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ: أَنَّ الْمُشْرِكِينَ قَالُوا لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” يَا مُحَمَّدُ [ص:144] ، انْسُبْ لَنَا رَبَّكَ، فَأَنْزَلَ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى: {قُلْ هُوَ اللَّهُأَحَدٌ، اللَّهُ الصَّمَدُ} [الإخلاص: 2] لَمْ يَلِدْ، وَلَمْ يُولَدْ، وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ “
“Diriwayatkan dari Ubay bin Ka’ab berkata bahwasanya orang-orang musyrikin berkata kepada nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam, “Wahai Muhammad sebutkan kepada kami tentang nasab Robbmu.” Maka Allah Subhanahu wata’ala menurunkan surat ini yang artinya : “Katakanlah (wahai Muhammad) Dia lah Allah Yang Maha Esa, Allah tempat meminta segala sesuatu, tidak beranak dan tidak diperanakkan, dan tidak ada sesuatu yang setara denganNya.” (Hadits riwayat Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Khuzaimah, Al Hakim, ini lafadz yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad. Pada lafadz Imam Tirmidzi yang serupa dengan lafadz diatas dihasankan oleh Syaikh Albani di dalam shohih wa dhoif Sunan Tirmidzi).
Para pembaca yang semoga Allah berkahi, dinamakan surat Al Ikhlas dikarenakan pada surat ini terdapat penjelasan tentang pensucian yang sempurna untuk Allah ( tafsir Juz Amm karya Syaikh Utsaimin Hal.351 Maktabah Syamilah).
Keutamaan
Surat al-Ikhlas
Membaca Surat Al-Ikhlas
memperoleh pahala seperti membaca Kitab Zabur, Taurat, Injil dan Al-Qur an.
Sabda Rosululloh SAW yang lain:
Demi Alloh yang jiwaku ditangan-Nya, sesungguhnya
"Qul Huwallohu Ahad" itu tertulis di sayap malaikat Jibril a.s,
"Allohush-shomad" itu tertulis di sayap malaikat Mikail a.s,
"Lam yalid walam yuulad" tertulis pada sayap malaikat 'Izroil a.s,
"Walam yakullahu kufuwan Ahad" tertulis pada sayap malaikat Israfil a.s.
"Qul Huwallohu Ahad" itu tertulis di dahinya Abu Bakar As-shiddiq .r.a.,
"Allohush-shomad" itu tertulis di dahinya 'Umar bin Khattab r.a.,
"Lam yalid walam yuulad" tertulis di dahinya 'Utsman bin 'Affan r.a.,
"Walam yakullahu kufuwan Ahad" tertulis di dahinya 'Ali bin Abi Tholib r.a..
(Kitab Hayatun Kuluubi)
Sabda Rosululloh SAW yang lain:
Demi Alloh yang jiwaku ditangan-Nya, sesungguhnya
"Qul Huwallohu Ahad" itu tertulis di sayap malaikat Jibril a.s,
"Allohush-shomad" itu tertulis di sayap malaikat Mikail a.s,
"Lam yalid walam yuulad" tertulis pada sayap malaikat 'Izroil a.s,
"Walam yakullahu kufuwan Ahad" tertulis pada sayap malaikat Israfil a.s.
"Qul Huwallohu Ahad" itu tertulis di dahinya Abu Bakar As-shiddiq .r.a.,
"Allohush-shomad" itu tertulis di dahinya 'Umar bin Khattab r.a.,
"Lam yalid walam yuulad" tertulis di dahinya 'Utsman bin 'Affan r.a.,
"Walam yakullahu kufuwan Ahad" tertulis di dahinya 'Ali bin Abi Tholib r.a..
(Kitab Hayatun Kuluubi)
Hadits-hadits tentang Surat Al-Ikhlas
Dari A'isyah r.a., bahwasanya Nabi Muhammad sholallohu 'alaihi wasallam pernah mengutus seorang shahabat dalam sebuah pertempuran. Lalu dia mengimami sholat dan selalu membaca surat Al-Ikhlas. Tatkala mereka kembali dari pertempuran mereka adukan hal tersebut kepada Nabi Muhammad sholallohu 'alaihi wasallam. Beliau bersabda: "Tanyakan kepadanya apa yang melatarbelakangi dia berbuat seperti itu, merekapun menanyakannya. Lalu dia pun menjawab: "Karena sesungguhnya surat Al-Ikhlas itu mengandung sifat yang dimiliki oleh Ar-Rohman (Alloh SWT) dan aku suka untuk membacanya. Maka Nabi Muhammad sholallohu 'alaihi wasallam bersabda: "Kabarkan kepadanya bahwa Alloh subhanahu wata'ala mencintainya" (HR. Al-Bukhari no.7375)
Dari Abu Hurairah r.a., beliau berkata: "Aku pernah bersama Rosululloh Muhammad sholallohu 'alaihi wasallam dan disaat itu beliau mendengar seseorang membaca Al-Ikhlas. Lalu beliau bersabda: "Dia telah mendapatkan", Abu Hurairah bertanya: "Mendapatkan apa wahai Rosululloh?" Beliau menjawab: "Al-Jannah (surga)."(HR. At Tirmidzi)
Dalam hadits yang lain beliau bersabda: "Kecintaanmu terhadap surat Al-Ikhlas memasukkanmu ke dalam al jannah." (HR. Al-Bukhari)
Sebenarnya banyak sekali Fadhilah - Keutamaan Membaca Al-Qur an, mudah-mudahan yang disampaikan ini bisa banyak bermanfa'at.
Dari 'Ali bin Abi Tholib k.w.: "Siapa saja yang duduk membaca Al-Qur an, niscaya dia akan berdiri darinya dengan tambahan atau kekurangan, yaitu bertambah dalam mendapatkan petunjuk, atau berkurang dalam kesesatan."
"Mintalah dari Alloh SWT segala kebaikan dengan mengikuti Al-Qur an. Mendekatlah kepada Alloh SWT dengan mencintai Al-Qur an. Janganlah memperalatnya demi mendapatkan sesuatu dari hamba-hamba Alloh dengannya. Tiada sesuatu sebaik Al-Qur an yang dapat dibawa seseorang ketika menghadapkan diri kepada Tuhan-nya."
Tafsir
Ayat
Allah SWT berfirman: Qul huwal-Lâh Ahad (Katakanlah,
“Dialah Allah, Yang Maha Esa.”). Perintah Qul dalam ayat ini
ditujukan kepada Rasulullah saw. Apabila dikaitkan dengan sabab nuzûl-nya,
perkataan itu merupakan jawaban atas pertanyaan kaum musyrik mengenai sifat
Tuhan yang beliau dakwahkan. Perintah itu juga berlaku bagi seluruh umatnya,
sebab khithâb al-Rasûl khithâb li ummatihi(seruan kepada Rasul,
juga seruan kepada umatnya).
Dalam ayat ini, beliau dan umatnya diperintahkan untuk
mengatakan: Huwal-Lâh Ahad; bahwa Tuhan yang mereka
tanyakan itu adalah Allah dan Allah itu hanya satu. Sebab, kata ahad bermakna wâhid (satu).2 Bahkan ditegaskan al-Baghawi, tidak ada
perbedaan makna antara ahad dengan wâhid.3
Kendati sama-sama menunjuk pada jumlah satu, menurut
sebagian mufassir ada perbedaan di antara keduanya. Dinyatakan oleh al-Azhari
bahwa sifat ahadiyyahhanya digunakan untuk Allah. Sebagai buktinya,
tidak dikatakan rajul ahad wa dirhâm ahad, tetapi
dikatakan rajul wâhid wa dirhâm wâhid.4 Pendapat senada juga dikemukakan
Tsa’lab.5
Mengenai pengertian ayat ini secara keseluruhan, Ibnu
Katsir memaparkan, “Dialah al-Wâhid al-Ahad; tidak ada yang setara
dan pembantu; tidak ada sekutu, yang serupa dan sepadan dengan-Nya. Ungkapan
ini tidak diucapkan kepada siapa pun kecuali Allah Azza wa Jalla. Sebab, Dia
Mahasempurna dalam semua sifat dan perbuatan-Nya.”6
Dalam ayat berikutnya kemudian ditegaskan: Allâh
ash-Shamad (Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala
sesuatu). Dijelaskan az-Zamkhsyari dan asy-Syaukani, kata ash-shamad merupakan fi’l yang
bermakna maf’ûl.7 Menurut asy-Syaukani, kata
tersebut seperti halnya kata al-qabdh yang bermakna al-maqbûdh (yang
digenggam). Kata ash-shamad pun demikian, bermakna al-mashmûd
ilayhi, yakni al-maqshûd ilayhi (yang dituju). Jadi,
makna ash-shamadadalah al-ladzî yushmadu ilayhi fî
al-hâjat (pihak yang dituju atau dijadikan sebagai sandaran dalam
berbagai kebutuhan). Hal itu disebabkan karena keberadaan-Nya yang mampu memenuhi
berbagai kebutuhan.8 Penjelasan yang sama dikemukakan
al-Qurthubi, al-Sa’di, dan al-Zuhaili.9
Ibnu ‘Abbas, sebagaimana dikutip al-Qurthubi, juga
berpendapat demikian. Menurutnya, pengertian ini sejalan dengan QS an-Nahl
[16]: 53. 10
Selain makna itu, ada beberapa makna ash-shamad yang
disampaikan oleh para mufassir. Menurut Ibnu ‘Abbas dalam riwayat
lain, Said bin Jubair, Mujahid, al-Dhahhak, ‘Ikrimah, dan al-Hasan, kata ash-shamad berarti
Zat yang tidak lapar. asy-Sya’bi juga memaknainya sebagai Zat yang tidak makan
dan tidak minum.11
Abu Aliyah memaknai ash-shamad sebagai
Zat yang tidak beranak dan tidak diperanakkan. Sebab, tidak ada yang beranak
kecuali dia diwarisi; dan tidak ada yang diperanakkan kecuali dia akan mati.
Allah SWT pun memberitakan kepada kita bahwa Dia tidak diwarisi dan tidak
beranak.12 Ubay bin Kaab juga berpendapat bahwa
makna ash-shamad dijelaskan oleh ayat sesudahnya: Lam
yalid walam yûlad; walam yakun lahu kufuw[an] ahad.13 Penafsiran lain diberikan Qatadah dan
al-Hasan. Keduanya mengatakan bahwa ash-shamad bermakna al-bâqi (yang
kekal).
Kendati demikian, sebagaimana ditegaskan Ibnu Jarir
ath-Thabari, penafsiran yang lebih tepat adalah yang sesuai dengan makna yang
telah dikenal oleh orang yang bahasanya digunakan al-Quran. Menurut orang Arab,
makna ash-shamad adalahas-sayyid yang dituju atau
dijadikan sebagai sandaran; dan tidak ada seorang pun yang di atasnya.14
Dikatakan juga oleh Ibnu Anbari bahwa tidak terdapat
perbedaan di kalangan ahli bahasa bahwa ash-shamad adalah as-sayyid yang
tidak ada lagi seorang pun di atasnya, yang semua manusia bersandar kepada-Nya
dalam semua urusan dan kebutuhan mereka.15
Selanjutnya Allah SWT berfirman: Lam yalid
walam yûlad (Dia tidak melahirkan dan tidak pula dilahirkan). Ayat ini
memberikan pengertian bahwa tidak lahir dari-Nya anak; Dia juga tidak lahir
dari sesuatu apa pun.16 Az-Zamakhsyari mengatakan bahwa
disebutkan lam yalid karena tidak ada yang sejenis dengan-Nya
sehingga bisa dijadikan oleh-Nya sebagai istri, kemudian dari mereka lahirlah
anak. Makna ini juga ditunjukkan oleh QS al-An’am [6]: 101.17
Meskipun dalam ayat ini digunakan kata lam, bukan
berarti hanya menafikan masa lampau. Sebab, ayat tersebut berlaku abadi.
Demikian pula nafiy dalam ayat ini. Menurut Fakhruddin
ar-Razi, digunakannya kata lam karena merupakan jawaban atas
ucapan mereka mengenai anak Allah SWT (QS ash-Shaffat [37]: 151-152).
Kemudian surat ini diakhiri dengan firman-Nya: walam
yakun lahu kufuw[an] ahad(dan tidak ada seorang pun yang setara
dengan-Nya). Maknanya, Allah Yang Maha Esa itu tidak ada yang menandingi atau
menyamai-Nya. Menurut Ibnu Jarir ath-Thabari, kata al-kufu’ wa al-kufâ
wa al-kifâ’ dalam bahasa Arab memiliki satu makna, yakni al-mitsl
wa asy-syibh (semisal dan serupa).18 Itu berarti, tidak ada satu pun yang
setara, sepadan, semisal atau sebanding dengan-Nya.
Gambaran tentang Tauhid
Dari segi jumlah ayat, surat ini tergolong singkat,
hanya terdiri empat ayat. Kendati begitu, kandungan isinya amat padat. Keimanan
kepada Allah SWT yang menjadi perkara mendasar dalam Islam dijelaskan amat
gamblang. Tidak mengherankan jika Rasulullah saw. menyebut surat ini setara
dengan tsuluts al-Quran (sepertiga al-Quran).
Dalam surat ini terdapat pelajaran penting. Setidaknya
ada tiga perkara penting yang perlu ditandaskan kembali. Pertama: asmâ’ (nama)
Tuhan yang patut disembah. Sebagaimana telah diungkap, surat ini turun sebagai
jawaban atas pertanyaan kaum musyrik mengenai Tuhan yang disembah Rasulullah
saw. Ditegaskan dalam surat ini bahwa Huwal-Lâh (Dia adalah
Allah). Allah adalah nama Zat Pencipta alam semesta ini. Menurut al-Biqa’, nama
ini—yakni Allah—menunjuk semua sifat kesempurnaan: al-Jalâl wa
al-Jamâl. Nama ini juga mencakup seluruh makna al-asmâ’
al-husnâ.19 Bahwa nama Rabb al-‘âlamînadalah
Allah, amat banyak disebut dalam al-Quran. Dengan nama itu pula manusia
diperintahkan untuk memanggil dan berdoa kepada-Nya (QS al-Isra’ [17]: 110).
Oleh karena itu, manusia hanya boleh menyebut-Nya
dengan nama yang telah diberitakan-Nya, yakni: Allah, Ar-Rahmân, atau al-asmâ’
al-husnâ lainnya. Manusia tidak boleh memanggil-Nya dengan nama lain
yang dibuat sendiri (QS Yusuf [12]: 40).
Kedua: tawhîdul-Lâh atau
(pengesaan terhadap Allah). Secara tegas dalam surat ini disebutkan bahwa Allah
SWT itu Ahad. Dia hanya satu, bukan dua, tiga, atau lebih
sebagaimana yang lazim diklaim oleh kaum kafir. Perkara ini amat banyak
diberitakan dalam ayat al-Quran. Bahkan perkara ini didakwahkan oleh semua nabi
dan rasul yang diutus Allah SWT. Tidak ada seorang pun di antara mereka kecuali
mengajak pada tauhid (lihat QS al-Anbiya’ [21]: 25; asy-Syura [42]: 13).
Keesaan Allah juga ditegaskan dalam ayat: lam
yalid walam yûlad; bahwa Allah tidak memiliki anak; tidak pula menjadi anak
bagi selain-Nya; tidak ada pula yang diangkat dan dijadikan sebagai anak-Nya
(lihat QS al-Isra’ [17]: 111; Yunus [10]: 68).
Keesaan Allah disebutkan dalam firman-Nya: walam
yakun lahu kuffuw[an] ahad; bahwa tidak ada yang sama, serupa, sejenis,
setara atau sebanding dengan-Nya. Dia berbeda dengan semua makhluk-Nya (QS
al-Syura [42]: 11).
Perkara tauhid ini merupakan perkara paling mendasar
yang harus diimani oleh setiap manusia. Siapa pun yang
menganggap tuhan lebih dari satu, memiliki anak atau ada yang setara dengan-Nya,
maka dia telah terjatuh dalam kekufuran dan kesyirikan. Jika dicermati, semua
agama selain Islam dalam konsep ketuhanannya telah terjatuh dalam kesalahan
mendasar ini. Di antara agama itu ada yang menganggap selain Allah sebagai
tuhan, tuhan lebih dari satu, atau ada makhluk yang setara dengan-Nya; tidak
terkecuali agama yang sebelumnya dibawa oleh para nabi, seperti Yahudi dan
Nasrani. Kedua agama itu pun dikotori hawa nafsu manusia sehingga terjatuh
dalam kesyirikan. Yahudi menyebut Uzair sebagai anak Allah. Nasrani menyebut
Isa sebagai anak Allah (lihat QS at-Taubah [9]: 30; al-Maidah [5]: 72). Isa
sendiri tidak pernah mengatakan perkataan batil itu (lihat QS al-Maidah [5]:
116).
Dalam al-Quran cukup banyak ayat memberikan bantahan
atas kebatilan anggapan Tuhan lebih dari satu. Dalam QS al-Anbiya’ [21]: 22
ditegaskan, seandainya ada banyak tuhan selain Allah, maka langit dan bumi akan
binasa.
Orang-orang yang menganggap tuhan lebih dari satu,
memiliki anak, atau menyekutukan-Nya dengan yang lain telah diancam dengan
hukuman yang amat keras. Apabila mati dalam keadaan demikian maka dosanya tidak
akan diampuni (lihat QS al-Nisa [4]: 48, 111). Surga diharamkan atas mereka.
Neraka adalah tempat kembali mereka di akhirat; mereka kekal di dalamnya
selama-lamanya (lihat QS al-Maidah [5]: 72-73).
Ketiga:
kesempurnaan sifât Allah. Dalam surat ini
disebutkan bahwa Allah itu ash-shamad. Dalam al-Quran, kata
ini hanya disebut dalam surat ini. Jika dicermati, sifat ini memiliki cakupan
makna yang amat luas sekaligus meniscayakan adanya sifat-sifat lainnya. Sebagaimana
telah dipaparkan, kata ini mengandung pengertian bahwa Dia adalah as-sayyid tertinggi
dan tidak ada yang lebih tinggi lagi. Artinya, Dia memang Mahatinggi (Al-‘Aliyy), Mahaagung (Al-‘Azhîm)
dan semua sifat lainnya yang menunjukkan ketinggian-Nya.
Kata ash-shamad juga
mengandung makna bahwa Dia tidak memerlukan yang lain. Itu berarti, sebagaimana
diterangkan az-Zamakhsyari, Dia adalah Al-Ghaniyy(Mahakaya, tidak
butuh terhadap yang lain).20 Karena tidak membutuhkan yang lain,
berarti Dia juga Al-Qadîr (Mahakuasa), Al-Qawiyy (Mahakuat), Al-‘Azîz(Mahaperkasa), Al-Hayy (Mahahidup)
dan semua sifat yang menunjukkan kekuatan-Nya.
Allah juga menjadi sandaran dan tempat bergantung bagi
semua makhluk-Nya. Dialah yang menciptakan semua makhluk-Nya (Al-Khâliq),
menghidupkan mereka (Al-Muhyî), memberikan rezeki kepada mereka (Ar-Razzâq,
Ar-Razîq) dan menolong hamba-Nya (An-Nâshir) serta semua semua sifat
lainnya yang menunjukkan bahwa Dia menjadi sandaran dan tempat bergantung bagi
seluruh hamba-Nya. Dengan demikian, hanya kepada-Nyalah manusia beribadah dan
bermohon.
Walhasil, surat ini memberikan gambaran amat jelas
mengenai keimanan kepada Allah SWT. Sebagaimana disimpulkan Abdurrahman
as-Sa’di, surat ini mencakuptawhîd al-asmâ’ wa al-shifât.21 Wallâh a’lam bi ash-shawâb. []
Tidak ada komentar:
Posting Komentar